Gotong Royong Pembersihan Sampah di Aliran Sungai Mahakam

kukarnews.com, TENGGARONG – Kodim 0906/ Tenggarong bersama jajaran Polres Kukar dan instansi Pemkab Kukar menggelar aksi gotong royong pembersihan tumpukan sampah dan tanaman enceng gondok yang berada di kawasan aliran Sungai Mahakam, Rabu(22/1).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Dandim 0906 / Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling ini berfokus di sepanjang aliran Sungai Mahakam, tepatnya antara Jalan Kartini dan Jalan Mayjen Panjaitan, Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong. Pembersihan aliran anak Sungai Mahakam ini dilakukan dengan cara mengangkat sampah dan tanaman enceng gondok ke permukaan, selanjutnya dibawa menggunakan truk sampah.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan lanjutan dari program unggulan Kodim 0906/Tenggarong, dalam menormalisasi fungsi drainase dan aliran sungai,” jelas Letkol Inf. Charles Alling kepada media usai melakukan kegiatan gotong royong.

Sementara itu Masrin, Ketua RT. 25 Kelurahan Loa Ipuh, menyambut baik aksi gotong royong di wilayahnya tersebut. Penumpukan sampah dan tanaman enceng gondok dibawah jembatan ini memang kerap terjadi saat air Sungai Mahakam sedang pasang.

“Atas nama warga berterima kasih dengan adanya aksi gotong royong ini, sampah kiriman ini akan semakin menumpuk apabila tidak ditangani secara langsung,” terang Masrin.

Rencananya aksi ini akan terus dilakukan secara berkala dalam upaya menormalisasi fungsi drainase dan aliran sungai, sehingga simpul simpul penyebab banjir bisa tertangani. (alb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *