Kecamatan Tenggarong Seberang


Tenggarong Seberang merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah tengah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Posisi kecamatan terletak pada posisi 116° 58′ BT – 117° 08 ‘ BT dan 0° 07′ LS – 0° 27’ LS atau antara ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong, dengan ibukota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Secara administratif, Kecamatan Tenggarong Seberang berbatasan dengan Kecmatan Tenggarong dan Sebulu di daerah barat, Kecamatan Loa Kulu di bagian selatan, Kecamatan Marangkayu di bagian utara serta Kota Samarinda dan Kecamatan Muara Badak di bagian Timur.

Pusat pemerintahan Kecamatan Tenggarong Seberang berada di desa Manunggal Jaya, sedangkan desa lainnya yang menjadi bagian Tenggarong Seberang adalah Bangun Rejo, Buana Jaya, BUkit Pariaman, Bukit Raya, Embalut, Karang Tunggal, Kerta Buana, Loa Lepu, Loa Pari, Loa Raya. Loa Ulung, Perjiwa, Separi, Sukamaju, Tanjung Batu, Teluk Dalam, dan Mulawarman.

Kecamatan Tenggarong Seberang yang memiliki luas wilayah mencapai 437 km2 yang dibagi dalam 18 desa dengan jumlah penduduk mencapai 79.997 jiwa (April 2014), merupakan wilayah penghasil batubara dan juga sebagai lumbung padi di Kutai Kartanegara. Sebagai sentra penghasil beras Tenggarong Seberang didukung dengan beroperasinya RPU (Rice Processing Unit) Kutai Kartanegara (2002), yakni pusat penggilingan padi skala besar yang mampu menghasilkan 5 ton beras per jam dalam bentuk kemasan dan dipasarkan dengan merk Gerbang Dayaku, namun karena alih fungsi lahan pertanian menjadikan produksi beras Tenggarong Seberang menurun dari tahun ketahun, RPU menjadi tidak terlalu optimal.  

Di wilayah ini juga beroperasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas & Uap (PLTGU) di desa Tanjung Batu yang mmasok listrik bagi kota-kota utama di Kalimantan Timur seperti Tenggarong, Samarinda hingga Balikpapan.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tenggarong_Seberang,_Kutai_Kartanegara