Kecamatan Tabang


Tabang merupakan salah satu kecamatan di pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara, yang terletak pada posisi antara 115º 26′ BT – 116º 18′ bt dan 1º 28′ LU – 0º 18′ LU. 

Dengan luas wilayah mencapai 7.764,50 km2Kecamatan Tabang merupakan kecamatan terluas di Kutai Kartanegara sekaligus kecamatan terjauh dan cukup sulit dijangkau karena sebagian transportasinya yang masih mengandalkan Sungai Belayan

Kecamatan yang mayoritas penduduknya adalah suku Dayak Kenyah ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 12.452 jiwa (data april 2014) yang tersebar di 18 desa.Jika dibandingkan dengan luas wilayah Tabang, maka kepadatan penduduk di daerah ini merupakan yang terkecil di Kutai Kartanegara yakni sekitar 2 penduduk/km².

Secara administratif, Kecamatan Tabang berbatasan dengan Kabupaten Malinau di bagian Utara, Kabupaten Kutai Barat di Bagian Barat, Kabupaten Kutai Timur di bagian Timur, dan Kecamatan Kembang Janggut di bagian Selatan.

Potensi

Di Kecamatan Tabang terdapat cadangan emas yang cukup potensial untuk dieksploitasi terutama di sekitar Sungai Belayan . Hingga kini belum ada investor yang mengelola areal bahan galian tersebut,keadaan ini justru dimanfaatkan oleh penambang emas ilegal untuk mencari emas di aliran sungai belayan yang dapat merusak lingkungan.

Desa di Kecamatan Tabang

Kecamatan Tabang terdiri dari 18 Desa yakni:

  1. Bila Talang
  2. Buluk Sen
  3. Gunung Sari
  4. Kampung Baru
  5. Long Lalang
  6. Muara Belinau
  7. Muara Kebaq
  8. Muara Pedohon
  9. Muara Ritan
  10. Muara Salung
  11. Muara Tiq
  12. Muara Tuboq
  13. Ritan Baru
  14. Sidomulyo
  15. Tabang Lama
  16. Umaq Bekuai
  17. Umaq Dian
  18. Umaq Tukung

 

 

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tabang,_Kutai_Kartanegara