Kecamatan Kota Bangun


Kota Bangun merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kecamatan Kota Bangun terletak antara 116º27 BT – 116º46 BT dan 0º07 LS – 0º36 LS dengan luas wilayah mencapai 1.143,74 km2. Secara administratif, kecamatan ini terbagi dalam 20 desa ( Benua Bau, Kedang Ipil, Kedang Murung, Kota Bangun I, Kota Bangun II, Kota Bangun III, Kota Bangun Ilir, Kota Bangun Seberang, Kota Bangun Ulu, Liang, Liang Ulu, Loleng, Muhuran, Pela, Sarinadi, Sebelimbingan, Sedulang, Sukabumi, Sumber Sari dan Wonosari) dengan jumlah penduduk mencapai 41.009 jiwa (2014).

Sebagian wilayah kecamatan Kota Bangun dibelah oleh Sungai Mahakam dan Sungai Belayan serta terletak di tepi Danau Semayangdan Danau Melintang. Pola penyebaran penduduknya pun terkonsentrasi di sepanjang sungai maupun danau tersebut.

Sejarah

Kota Bangun merupakan salah satu permukiman tertua di Kabupaten Kutai Kertanegara, selain itu juga ada daerah Kutai (Kutai Lama), nama kedua daerah ini sudah ada disebut di dalam Hikayat Banjar yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun 1663. Kota Bangun merupakan asal daerah Raden Aria Dikara ayah Gusti Barap, isteri Panembahan di Darat (mangkubumi dari Sultan Inayatullah).

Selain itu daerah ini pernah menjadi benteng terakhir perlawanan pasukan Kesultanan Kutai melawan Belanda pada tahun 1844 yang ditandai dengan gugurnya panglima Awang Long Senopati.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bangun,_Kutai_Kartanegara