• Home »
  • NEWS »
  • Forkopimda Kukar Tinjau Korban Banjir di Dusun Lebaho Lais

Forkopimda Kukar Tinjau Korban Banjir di Dusun Lebaho Lais

kukarnews.com, LOA KULU – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutai Kartanegara kembali meninjau lokasi banjir yang ada wilayah Desa Jembayan Dalam, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Senin (26/3).

Peninjauan ini diikuti oleh Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, beserta jajaran OPD Teknis lainnya untuk mengunjungi beberapa titikĀ  banjir, akibat dampak cuaca ekstrim hujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu yang lalu.

Hingga saat ini banjir belum juga surut sehingga para warga didaerah terkena banjir harus tetap mengungsi ketempat yang lebih aman.

Dari data topografi, Edi menjelaskan wilayah Jembayan berada di daerah cekungan yang berpotenai terendam banjir.

“Ada beberapa daerah cekungan, termasuk wilayah Jembayan di Loa Kulu ini, akibat curah hujan yang tinggi sehingga air turun dari wilayah Jonggon atas menuju ke arah Jembayan Dalam dan Desa Sungai Payang,” tuturnya.

Disamping itu pula kemungkinan terjadinya perubahan kondisi lingkungan sekitar yang perlu di teliti lebih lanjut, yang menyebabkan daya dukung lingkungan tidak dapat mengendalikan curah hujan yang di tinggi, Dengan kondisi Topografi danĀ cuaca ekstrem inilah yang menyebabkan Sungai Jembayan meluap dan membanjiri ratusan rumah warga yang berada di sekitar aliran sungai.

Selain itu Jajaran Polres Kutai Kartanegara, Kodim 0906 Tenggarong, BPBD Kukar dan Pihak terkait terus bekerja, memantau kondisi banjir. Hal ini untuk memastikan para korban banjir tersebut merasa aman dan nyaman. (rhi)