Kapolres Kukar Gelar Ngopi Bareng Bersama PT. MKH

TENGGARONG, Guna menjalin silaturahim serta membangun Komunikasi dengan semua lapisan di masyarakat. Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar S.IK M.SI mengajak manajemen PT. Maju Kalimantan Hadapan (MKH) untuk ngopi bersamanya di salah satu rumah makan Daporkoe di Jalan K.H. Ahmad Muksin Kec. Tenggarong Kab. Kukar, yang diwarnai dengan diskusi dan dialog membahas kamtibmas.

Ngopi bareng ini juga merupakan salah satu program unggulan dari pihak kepolisian sebagai wadah untuk merangkul dan mengajak sejumlah pihak, diantaranya perusahaan untuk turut serta dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kukar, agar senantiasa aman, tertib dan kondusif.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk dapat menjaring informasi dua arah, sehingga apabila timbul kerawanan Kamtibmas, dapat diantisipasi sejak dini dan tidak menimbulkan gejolak sosial masyarakat. “Marilah kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kukar, sehubungan banyaknya tugas kepolisian kami mengharapkan bantuan kepada pihak perusahaan untuk saling bersinergi dalam menciptakan situasi kondisi yang kondusif, bagaimanapun juga bahwa faktor keamanan merupakan bagian signifikan dalam menunjang perekonomian di masyarakat.” ungkapnya.

Selain itu, Anwar Haidar juga menghimbau dengan seiring kemajuan teknologi yang masif, terutama pada perkembangan dunia media sosial ini, maka perlu juga penanganan yang lebih. Penyebaran informasi yang cepat di dunia maya tanpa adanya filterisasi sangat berpotensi terhadap penggiringan opini. Kebebasan berpendapat di medsos menjadi hak bagi setiap warga negara, namun tetap kita haruslah bijak dalam menggunakannya sebagaimana diatur dalam UU No. 19 tahun 2016 tentang ITE. “Mari kita bersatu padu mencegah penyebaran hoa, lebih khusus terkait permasalahan SARA dengan dimanfaatkan pihak – pihak kepada tujuan tertentu yang menginginkan perpecahan.” ujarnya.

Sementara itu menurut GM PT. Maju Kalimantan Hadapan, Muhammad Rusli menyampaikan terima kasih serta apresiasi terhadap Polres Kutai Kartanegara, yang mana selama ini telah membantu pihak perusahaan, seperti masalah pengamanan unjuk rasa, walaupun itu memang tugas dari kepolisian dan sampai dengan saat ini perusahaan PT.  Maju Kalimantan Hadapan (MHK) berusaha membantu masalah perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan. ” Warga masyarakat disekitar perusahaan pun menyampaikan sejak berdirinya perusahaan, perubahan kehidupan sangat besar dibandingkan dulu sebelum ada perusahaan.” katanya. (ndr)