Pembekalan Ilmu Agama di Rutan Mapolres Kukar

kukarnews.com, TENGGARONG – Peduli bahwa setiap manusia bisa menjadi lebih baik, Polres Kutai Kartanegara menghadirkan penceramah Ustad H Abdul Majid di Rumah Tahanan (Rutan) Mapolres Kukar, Kamis (28/12), sekitar pukul 08.30 Wita.

Dalam tausiahnya Ustad H Abdul Majid mengingatkan para tahanan bahwa proses hukum yang sedang mereka jalani merupakan bentuk kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta’ala, untuk mengingatkan akan perbuatan yang salah. Untuk itu para tahanan harus ikhlas menjalaninya.

“Akan lebih baik bila waktu yang ada selama di tahanan digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, jangan meninggalkan sholat, mengaji dan berzikir,” himbaunya.

 

Kegiatan dakwah tersebut disambut antusias oleh para tahanan. Dalam kesempatan tersebut Ustad H Abdul Majid juga mengajak para tahanan, untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas baik di dalam tahanan maupun ketika mereka kembali ke lingkungan masyarakat nantinya.

“Jangan henti-hentinya untuk selalu bertaubat, memohon ampunan dari Allah dan berbuat baik antar sesama dengan menjaga situasi kamtibmas ketika kembali ke masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan  ini juga merupakan wujud nyata dari pelaksanaan salah satu program yang dicanangkan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar yakni Dakwah Kamtibmas, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi baik antar sesama tahanan maupun dengan para petugas di lingkungan Mapolres Kukar.

Hal senada disampaikan oleh Kapolsek Tenggarong Seberang AKP Supriyadi melalui Aipda Edi Subagyo selaku Bhabinkamtibmas Desa Bukit Raya dan Desa Tanjung Batu Polsek Tenggarong Seberang, bahwa melalui kegiatan ini,diharapkan agar para penghuni rutan bisa tergerak, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain itu, petugas juga merasa bertanggung jawab untuk mempersiapkan para tahanan, baik segi mental dan spiritual.

“Setidaknya ketika mereka kembali ke masyarakat, mereka memiliki bekal ibadah dan pengetahuan agama yang baik,”tutup Edi (rhi/dik25)