3 Sanggar Tari diseleksi Kemenlu RI

kukarnews.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kukar merekomendasikan sebanyak tiga sanggar tari untuk dijadikan partner Kementrian Luar Negeri ( Kemenlu) dalam program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

” Kami merekomendasikan Sanggar tari Pokan Takaq, Gubang, Lembaga Seni Budaya Kumala untuk diseleksi pihak Kemenlu untuk dijadikan partner program BSBI,” kata Sri Wahyuni, di kantor Dinas Pariwisata Kukar, Jumat (13/10).

Tim dari Kemenlu selanjutnya akan melakukan peninjauan di tiga tempat sanggar tersebut, untuk memperoleh informasi dan gambaran tempat tersebut, dimana nantinya sebanyak 12 pemuda dari seluruh dunia akan belajar tentang kesenian selama 3 bulan.

Sejak pelaksanaan Erau, pemerintah selalu melibatkan sejumlah tim kesenian dari kukar, sehingga keberadaan sanggar tari semakin tumbuh berkembang.

Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu, Azis Nurwahyudi menjelaskan selama 3 bulan, para pemuda dari berbagai negara akan belajar mengenai tradisi dan, kearifan lokal dan mengeal kehidupan masyarakat Kukar.

“Kami akan menyeleksi dari tiga sanggar tari tersebut yang nantinya menjadi wadah para pemuda untuk belajar tradisi dan kesenian yang ada di Kukar,” Kata Aziz Nurwahyudi. (rhi)