LPKA KLAS II Samarinda Minim Fasilitas

kukarnews.com, TENGGARONG – Lima anak yang sebelumnya menjalani masa tahanan di Lapas Klas B Tenggarong kini telah dipindahkan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas IIA Samarinda, yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Tenggarong.

“Baru lima anak yang dipindahkan sejak 18 september kemarin.” kata Kepala LPKA Samarinda, Salis Farida Fitriani, Bc.IP.,S.Pd.,M.H. , Selasa (3/10).

Hal ini sesuai dengan undang – undang nomor 11 tahun 2012 yang berbunyi bahwa di setiap provinsi harus memiliki satu LPKA, dan sejak dihibahkan gedung eks Rumah sakit milik pemkab Kukar ke Kementrian Hukum dan HAM, LPKA mulai berbenah dengan segala keterbatasan.

“Saat ini kami hanya bisa memiliki 1 ruang untuk menampung anak laki laki, dengan fasilitas kasur, kipas angin, dan televisi  yang disiapkan secara swadaya oleh para pegawai,” jelasnya.

Rencananya pembangunan di LPKA yang menampung napi anak dari Kaltim Dan Kaltara ini akan dilakukan pada tahun depan, sesuai anggaran yang diajukan, berhubung saat ini belum memiliki anggaran, untuk  makan , pengobatan dan biaya operasionalnya masih ikut serta dengan Lapas Klas II B Tenggarong.

Dalam pengawasan saat ini pihaknya masih memaksimalkan fungsi pejabat struktural yang ada untuk ditugaskan sebagai pengawas dan kegiatan pembinaan bagi para napi anak.(rhi)