• Home »
  • NEWS »
  • Gaji Tidak Kunjung Dibayar, Karyawan MSPG Demo Ke DPRD Kukar

Gaji Tidak Kunjung Dibayar, Karyawan MSPG Demo Ke DPRD Kukar

kukarnews.com, TENGGARONG – Ratusan karyawan Mahakam Sawit Plantation Group / MSPG pagi tadi (14/9) mendatangi kantor DPRD Kutai Kartanegara untuk mengadukan nasibnya akibat tidak adanya kejelasan terkait pembayaran gaji oleh pihak perusahaan.

Hingga saat ini gaji yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan bervariasi dari 3 hingga 6 bulan, para karyawan mengaku tiap minggunya dijanjikan pembayaran oleh pimpinan, namun tidak ada realisasinya.

“Sebanyak 1.500 orang pekerja belum menerima gaji hingga 6 bulan, hutang menumpuk, barang – barang kami ditarik leasing, tolong wakil rakyat bantu kami, kami lapar,” ujar Rakhjib, Ketua Serikat Buruh MSPG dalam orasinya.

Sebelum menggelar unjuk rasa pihak karyawan melalui Serikat Buruh PT. MSPG sudah melaporkan hal ini ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kukar, namun laporan yang berkali kali hingga melakukan pemanggilan terhadap manajemen perusahaan tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

Setelah menyampaikan aspirasinya, sejumlah perwakilan karyawan kemudian menggelar pertemuan yang dipimpin langsung oleh wakil ketua DPRD Kukar Supriyadi, Anggota DPR, Disnakertrans, dan Disbun Kukar untuk mencari jalan keluar permasaahan ini.

Dari hasil pertemuan Wakil Ketua DPRD Kukar, Supriyadi berjanji akan mengawal permasalahan ini dan akan melakukan pemanggilan terhadap pemilik perusahaan.

“Kita akan melakukan pemanggilan kepada pemilik perusahaan Kamis depan untuk menyelesaikan permasalahan ini,” kata Supriyadi.

Menurut informasi yang didapat, selain gaji karyawan, perusahaan juga masih menunggak masalah pembayaran terhadap kontaktor, bagi hasil terhadap warga, serta kewajiban kepada sejumlah bank, dengan total pembayaran yang harus dibayarkan mencapai Rp. 41 Miliar, rencananya Kamis depan (21/9) aksi ini akan kembali digelar dengan jumlah massa yang lebih banyak, hingga ada kepastian dan kejelasan nasib dari 1.500 karyawan PT. Mahakam Sawit Plantation Group. (rhi)