Perekonomian Lesu, Pedagang Hewan Kurban Tetap Optimis

kukarnews.com, TENGGARONG –  Memasuki Perayaan Idul Adha 1438 Hijriah, penjualan hewan kurban mulai menjamur di beberapa kota di Kabupaten Kutai Kartanegara, tidak terkecuali di kota Tenggarong.

Diakui salah satu pedagang hewan kurban, Prayitno Budianto, yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan, Kelurahan Panji bahwa tahun ini untuk harga hewan kurban mengalami kenaikan.

” Kenaikannya hanya sekitar 5 ratus tibu saja untuk sapi, kalau kambing masih sama seperti tahun – tahun sebelumnya,” ujarnya

Pria yang telah menggeluti usaha sejak 10 tahun terakhir ini juga merasakan bahwa pada tahun ini mengalami sedikit penurunan pembeli, akibat perekonomian yang kurang baik, namun ia yakin mendekati hari H nanti pembeli akan meningkat.

” Pembeli memang agak menurun, tapi saya berkeyakinan bahwasanya untuk ibadah itu tidak ada istilah ekonomi lemah, dan alhamdulillah pelanggan untuk setiap tahunnya terus bertambah,” terang Budi.

Ditambahkan, hewan kurban ia jual dengan harga yang bervariasi berdasarkan ukuran, untuk sapi ia tawarkan dengan harga Rp 13,5 – 17,5 juta, sedangkan kambing dari harga Rp 2,5-3,5 juta.(rhi/en)