Mahakam International Dragon Boat Festival 2016

kukarnews.com, TENGGARONG – Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) kembali menggelar agenda tahunan Mahakam International Dragon Boat Festival. Agenda yang memasuki tahun ketiga ini akan digelar dari tanggal 21 s.d 26 Oktober 2016 mendatang.

Festival dragon boat ini sendiri merupakan rangkaian dari Festival Kota Raja yang ke IV dalam peringatan HUT kota raja Tenggarong yang ke 234. Acara yang dibawah naungan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) dan IDBF (International Dragon Boat Federation) tetap memilih sungai Mahakam yang berlokasi di pinggir Pulau Kumala sebagai tempat penyelenggaraan, tentu ini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sebagai ajang promosi objek wisata yang dimiliki Tenggarong.

Melalui Kartika Sari, PPTK Mahakam International Dragon Boat Festival 2016 menjelaskan, dalam festival ini sudah ada tiga negara luar yang telah memastikan diri untuk ikut serta, semula ada 9 negara yang mendaftar, namun dikarenakan berbenturan dengan jadwal perlombaan dragon boat di daerah dan negara lain maka hanya ada tiga negara luar yang ikut serta.

“Negara luar yang mengikuti festival ini, Brunei Darussalam, Australia, dan Filipina. Untuk Filipina mengirimkan 2 tim. Untuk tim indonesia masih berkoordinasi dengan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PBPODSI) Pusat, kami minta yang mewakili dari tim kukar,” ujar Kertika .dan untuk pemenang masing-masing kategori nantinya akan diberikan hadiah berupa uang tunai, plakat, sertifikat serta medali dan juga uang pembinaan.

Lomba perahu naga sendiri adalah loma mendayung cepat perahu yang sangat panjang dan sempit yang digerakkan oleh tenaga manusia dan digunakan pada olahraga dayung perlombaan perahu naga. Dalam perlombaan, perahu ini biasanya dihiasi dengan kepala dan ekor naga dan diharuskan untuk membawa genderang besar dalam perahunya.(rhi)